Membangun Bisnis Wifi Hotspot

Pengguna Internet di indonesia dari tahun ke tahun mengalami tren peningkatan. Kenaikan ini salah satunya disebabkan oleh meningkatnya user smartphone.Akses internet kini sudah dapat dijangkau tidak hanya oleh masyarakat perkotaan tapi juga masyarakat di daerah atau pedesaan. Tentunya perkembangan dalam dunia telekomunikasi dan informasi ini juga membuka peluang usaha, diantaranya adalah  bisnis Wifi. Kali ini kami akan mencoba membahas sekilas apa saja yang perlu dipersiapkan dalam bisnis Wifi


- Apa itu bisnis wifi Hotspot?
Secara singkat bisnis wifi/hotspot/rt-rw net seperti bisnis lainnya dimana kita membeli bandwidth internet secara bulk atau banyak dan diecer ke user.

- Prinsip Dasar Wifi Hotspot
Kita membeli akses internet dari ISP A 10 mbps, kita konfigurasi di mikrotik, kita buat management bandwidthnya dan menjual dengan sistem voucher (bisa jual per jam, per hari atau per kuota tergantung owner). User yg ingin berinternet hanya perlu membeli voucher dan mengkoneksikan gadget mereka ke wifi kita selama sinyal wifi atau hotspot kita tercover.

- Kegunaan lain karena kita mempunyai akses internet
Dengan akses internet yang kita miliki, kita bisa menjual jasa lainnya seperti PPOB (tagihan listrik, pulsa dsb), jasa transfer uang, kuliner dengan menggabungkan sistem wifi (beli minuman dan makanan free voucher 1 jam atau 2 jam) dsb nya.
Bagi daerah yang tidak ada akses internet dan mobile network nya masih jelek dan mahal, ini adalah bisnis yg sangat menguntungkan dan diminati.

- Apa saja piranti atau barang yang diperlukan (wajib) Untuk memulai bisnis ini?


Akses internet / bandwidth 

Inilah sumber utamanya, yaitu akses internet. Untuk itu disarankan memilih provider yang bagus dan dengan harga masuk akal.Sebenarnya internet ini kita beli hanya dalam bentuk akses, kita beli jalur nya saja. Internet ini bukan produk, hanya jalur untuk saling berkomunikasi atau jalur untuk melewati data data. 

Tower Triangle /monopole (tergantung kebutuhan) 
Fungsi tower ini hanya untuk mendapatkan ketinggian yg pas untuk mendapatkan jalur bebas hambatan yg dilalui sinyal wireless. Bukan menambah jarak tembakan. Untuk ketinggian tower yang akan digunakan, harus memperhatikan hal-hal seperti : 
Kita beli akses internet utama dari mana? dari jalur FO / Kabel atau dari Jalur wireless. Kalo dari jalur FO biasanya tidak perlu tinggi towernya karena kita hanya gunakan untuk menembakkan hotspot di daerah kita aja. Kalo dari jalur wireless, tergantung lokasi nya. Biasanya pihak ISP menganalisa medan yg dilalui wireless tersebut dan akan merekemondasikan ketinggian. 
Kita cuma ingin hotspot sekitaran wilayah kita atau kita tembakkan agak jauh ke daerah lain? Kalo mau tembakkan ke tempat lain harus tinggi dulu untuk jaga jaga dan wajib menggunakan tower triangle. Karena radio yg diletakkan bisa berjumlah lebih dari 3. Tiang monopole tidak akan sanggup berdiri tinggi dan menahan beban radio. Tiang monopole juga memerlukan keahlian dan tentu saja keberanian luar biasa untuk memanjat dan waktu yg diperlukan juga jauh lebih banyak jika ada masalah, memasang atau mencabut perangkat radio. 

Radio Link / Access Point 
Fungsi Radio link ini adalah mengubah akses data menjadi sinyal wireless dan menembakkan atau menerima sinyal tersebut. Nah Radio ini lah yg mempengaruhi jarak tembakan.
Jenis radio yang umum ada dua macam, yaitu 2,4 ghz dan 5ghz. Umumnya saat ini sudah beralih ke 5ghz. Umumnya, type radio yang lebih mahal bisa membawa bandwidth lebih besar dan jangkauan yg lebih luas daripada yang harganya murah. 

Switch Hub min 4 port (disesuaikan dengan skala usaha) 
Fungsinya menghubungkan perangkat ke perangkat melalui kabel lan.

Router Mikrotik (sesuaikan dengan skala usaha) 
Inilah otak utama bisnis Hotspot. Disini kita konfigurasi semuanya, dari manajemen bandwidth (membagi download dan upload) membuat sistem voucher nya, keamanan atau firewall nya dan sebagainya. Fungsi mikrotik sangat banyak dan tidak akan dibahas karena untuk mahir mikrotik biasanya memerlukan pengalaman yg lama dan bahkan workshop yg mahal.

Kabel LAN Cat 5e / Cat 6 
Pc / Laptop untuk konfigurasi 
UPS 1200va + Aki 

Tips :
  1. Perbanyaklah pengetahuan pada bidang IT dan networking. Pengetahuan ini yg menentukan sukses atau tidaknya usaha ini. Ikutilah workshop networking atau gabung ke komunuitas pegiat wifi. 
  2. Beli akses internet/bandwidth dari ISP lokal dan minta disettingkan semuanya. jadi tugas kita hanya print voucher. Harga tentu saja beda jauh, namun yang perlu diperhatikan jangan tergiur soal harga.
  3. Buka bisnis sampingan seperti fotokopi, warung, jual kartu simcard, voucher isi ulang, dsb nya. Manfaatkan konsumen yg datang ke toko dengan memasarkan voucher wifi kita.
  4. Harga menentukan kualitas pada perangkat keras ini sangat terasa. Kalau budget ada, beli lah kabel yg bagus dan merk perangkat yg terpercaya. Karena utk long run (jangka panjang), akan terjadi penghematan yg banyak. Ingat semua perangkat ini hidup 24 jam. Sedetik pun tidak mati. Jangan gara gara hemat sedikit malah rugi lebih banyak.
  5. Bagi yang ingin menjalankan bisnis ini saya ucapkan Semoga Sukes. Ingat bisnis apapun asal dijalankan sungguh sungguh akan ada hasilnya. Bagi yg ingin bertanya tanya lebih jauh silahkan hubungi kami. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment