penjelasan singkat RSS Feed

Really Simple Syndication/Rich Site Summary atau lebih dikenal RSS merupakan isi atau konten dari sebuah situs atau blog menurut urutan waktu informasi di publiskan, seperti posting blog atau file-file Podcast (file audio dan video). Ketika kita membuka suatu web atau blog menggunakan RSS Reader yang ditampilkan hanya isi website dengan format XML saja dan tidak akan muncul banner, widget, header atau footer dari website tersebut.

Sedangkan Feed (atau pengumpan dalam bahasa indonesianya), merupakan suatu format data yang digunakan untuk melayani isi atau konten yang sering diperbaharui. Pembuat konten mensindikasikan suatu umpan web yang memudahkan pengguna untuk berlangganan. Membuat koleksi umpan web yang tersedia pada satu blog/website dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator. semua file tersebut di format dalam sebuah program yang lazim disebut Feed Reader atau Aggregators. (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita(Wikipedia). Sederhananya feed merupakan layanan yang disediakan web atau blog untuk mengumpulkan RSS yang di kirimkan kepada orang yang berlangganan feed, kemudian feed akan dikirimkan ke RSS reader anda.

RSS reader adalah aplikasi untuk membaca RSS dari sebuah situs dengan cara memasukkan alamat feed ke RSS reader dan setiap kali situs tersebut update maka RSS akan disediakan oleh Feed kemudian akan diambil oleh RSS reader anda,contoh web based RSS reader adalah Google reader .
Keuntungan dari keberadaan RSS Feed adalah apabila anda suka membaca berita dan informasi anda tidak perlu mengunjungi web tersebut karena konten barunya akan dikirimkan melalui Rss reader anda atau dengan kata lain RSS Feed memudahkan pengguna internet untuk mengikuti berita dari situs atau blog favoritnya, melalui aktivitas subscribe untuk menerima update dari situs/blog yang dipilih secara berkelanjutan.

Fasilitas yang ditawarkan RSS feed menghemat waktu karena dengan Rss Feed kita tidak perlu mendatangi situs favorit untuk mendapat informasi atau posting teranyar Sama halnya ketika kita berlangganan koran.
Cara terbaik untuk memahami cara kerja feed reader ialah dengan mensubscribe pada sebuah feed lalu gunakan fasilitas feed reader yang anda sukai, seperti Google reader, Yahoo RSS, Bloglines, dan sebagainya.
Demikian penjelasan singkat dari Rss Feed. Apabila anda ingin melakukan subscribe di blog ini silahkan berlangganan RSS Feed disini,
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment