MENCOBA FITUR RAHASIA GOOGLE

Baru-baru ini Google membuat fitur yang bisa menampilkan hal-hal unik di browser Chrome. Semua ini dibuat oleh pengembang hanya untuk satu tujuan, yaitu menghibur. Yang harus anda lakukan untuk mengakses fitur-fitur rahasia Google ini adalah mengetikkan frase atau kata ke dalam pencarian Google atau mengaksesnya di Google Drive.


Berikut ini beberapa fitur rahasia Google
 Berputar 360o
Ketikkan: “do a barrel roll”
Ini adalah salah satu fitur yang menyenangkan. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup ketikkan “do a barrel roll” (tanpa tanda petik) di bidang pencarian di Google dan lihat halaman pencarian akan berputar 360 derajat seperti yang diiklankan. Jangan khawatir, anda tidak akan pusing karena ini akan berhenti setelah satu putaran.

Pencarian Miring
Ketikkan: “Tilt” atau “Askew” (tanpa tanda petik)
Bagaimana jika halaman pencarian anda miring? Bagi anda yang ingin melihat dunia dengan sudut, mungkin akan menyukai halaman pencarian miring ini. Yang harus anda lakukan adalah mengetikkan “tilt” atau “askew” di bidang pencarian Google, dan halaman hasil pencarian akan ditampilkan sedikit miring ke kanan.

Zerg Rush
Ketikkan: “zerg rush” (tanpa tanda petik)
Game keren yang dibangun Google pada browsernya, Zerg Rush adalah game sederhana yang diaktifkan dengan mengetikkan “zerg rush” di bidang pencarian Google. Ketika anda melakukan itu, segerombolan huruf “O” akan berdatangan dari atas layar, dan yang harus anda lakukan untuk memainkan game ini adalah mengklik huruf “O” tersebut sebelum mereka menghancurkan hasil pencarian anda.

Harlem Shake
Ketikkan: “do the Harlem shake” (tanpa tanda petik)  di kolo pencarian YouTube
Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa situs YouTube di browser anda bisa bergoyang Harlem Shake. Ini merupakan penghormatan kepada tarian populer yang mungkin anda benci, yaitu lagu Harlem Shake. Ini bukan video, namun bisa langsung dimainkan dengan mengetik “do the Harlem shake” ke bidang pencarian YouTube.
Ketika anda menekan enter, tiba-tiba anda akan mendengar lagu selama 30 detik dan halaman pencarian YouTube akan bergoyang bersama dengan lagu.

Kerning
Ketikkan: “kerning” (tanpa tanda petik)
Bagi anda yang menyukai ruang spasi tambahan antar karakter, maka anda akan menyukai fitur khusus ini yang didasarkan pada pilihan format populer di kebanyakan program pengolah kata. Untuk menambahkan spasi ekstra antara karakter ke dalam halaman pencarian Google, ketik “kerning” ke dalam bidang pencarian.

Simulasi Hidup dari John Horton
Ketikkan: “Conway’s Game of Life” (tanpa tanda petik)
Bagi mereka yang menghargai karya matematikawan Inggris John Horton, maka anda akan menyukai simulasi kehidupan yang dapat diminta di Google, yang merupakan penghormatan untuk tokoh besar ini.
Untuk mengaktifkan simulasi ini, ketikkan “Conway’s Game of Life” ke dalam bidang pencarian dan game ini akan perlahan-lahan muncul dari kanan layar.

Pelangi di Excel
Ketikkan: “P R I D E” di Drive spreadsheet (tanpa tanda petik)
Ketika membuka spreadsheet baru, ketikkan huruf kapital “Pride” ke dalam sel A1 – E1. Bila anda melakukannya, maka seluruh spreadsheet akan langsung berubah menjadi bendera pelangi.

Kilas Balik ke 1998
Ketikkan: “Google in 1998” (tanpad tanda petik)
Untuk melihat kembali ke hari-hari awal Google, ada fitur unik yang akan menampilkan halaman pencarian Google vintage dari tahun 1998. Ini merupakan trik menyenangkan untuk menunjukkan pada anak-anak anda bagaimana tampilan pencarian Google dahulu. Untuk mengaktifkan kilas balik ini, ketik “Google in 1998”.

Tampilan Ubin di YouTube
Ketikkan: “Fibonacci” (tanpa tanda petik) di YouTube
Untuk melihat tampilan grafis ubin berdasarkan teori matematika Fibonacci yang mengikuti angka dalam urutan bilangan bulan di YouTube, ketik “Fibonacci” ke dalam bidang pencarian di YouTube dan hasil pencarian akan berubah menjadi pola ubin persegi.

Jedi Powers
Ketikkan: “Use the force, Luke” (tanpa tanda petik) di YouTube
Bagi para penggemar Star Wars, anda pasti mengenal Jedi. Untuk sedikit mengobati kerinduan anda pada film Star Wars, Google mengembangkan fitur ini untuk anda. Untuk mengaktifkan efek mengambang ketika anda mengarahkan mouse ke salah satu item atau ketika anda menggerakkan mouse di YouTube, ketik “Use the force, Luke”.

Kesimpulan
Anda pasti menyukai fitur-fitur Google yang unik ini. Sebagian besar orang mungkin menganggap ini hanya hiburan, namun sama sekali tidak ada yang salah dengan itu. Kadang-kadang anda hanya membutuhkan trik unik untuk membuat orang terkesan, begitu pula dengan Google.

Just Share
Previous
Next Post »
Thanks for your comment